Cara menginstal Linux Ubuntu

 

In Flight Linux

In Flight Linux (Photo credit: John C Abell)

 

Baiklah pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara menginstal Ubuntu.Tutorial berikut akan mengajarkan Anda cara menginstal Ubuntu 13.04 (penuh kegembiraan Ringtail) sistem operasi. Juga dikenal sebagai Ringtail penuh kegembiraan, Ubuntu 13.04 tiba pada tanggal 25 April 2013 dan rilis ke-18 dari sistem operasi Ubuntu.
Tutorial berikut diciptakan untuk mengajarkan kedua pendatang baru Linux dan pengguna Ubuntu yang ada cara menginstal sistem operasi Ubuntu 13.04 pada komputer pribadi atau laptop, bahkan jika installer Ubuntu adalah cukup jelas.

 

Persyaratan:

 

Anda akan memerlukan Ubuntu 13.04 DVD ISO image yang sesuai dengan arsitektur hardware anda (i386 atau amd64), dan yang dapat didownload dari sini .

 

Setelah download selesai, membakar ISO image dengan aplikasi burning DVD favorit Anda (Nero, CDBurnerXP, Roxio) pada DVD kosong pada kecepatan 4x. Atau, Anda dapat menulis ke USB stick menggunakan tutorial kita tentang bagaimana menjalankan distribusi Linux dari flash drive USB .

 

Masukkan kembali atau meninggalkan DVD pada perangkat DVD-ROM, atau USB stick di port USB, dan reboot komputer untuk melakukan boot dari itu. Tekan tombol F8, F11 atau tombol F12 (tergantung pada BIOS anda) untuk memilih DVD-ROM atau USB flash drive sebagai perangkat boot.

 

Tunggu DVD / USB untuk memuat …

 

Review image

 

Dalam beberapa menit, Anda akan melihat wallpaper dan wizard instalasi. Pilih bahasa Anda dan klik “Install Ubuntu” tombol untuk melanjutkan …

 

Review image

 

Bersiap untuk menginstal Ubuntu

 

Pastikan Anda memiliki semua persyaratan yang terdaftar. Opsional, Anda dapat memilih untuk men-download pembaruan ketika menginstal dan / atau menginstal software pihak ketiga, seperti dukungan MP3. Perlu diketahui, meskipun, bahwa jika Anda memilih opsi tersebut, seluruh proses instalasi akan lebih lama!

 

Review image

 

Jenis instalasi

 

Pada layar ini Anda memiliki berbagai pilihan:

 

Review image

 

1. Menginstal ulang Ubuntu 13.04/Install Ubuntu bersama OS lain

 

- Pilih opsi ini HANYA jika Anda memiliki Ubuntu sebelumnya 13,04 (misalnya versi Beta itu) terpasang dan anda ingin menginstal ulang, atau jika ada OS lain, seperti Windows, pada target hard drive dan Anda ingin membuat sistem dual-boot.

 

2. Menghapus dan menginstal ulang OS / Erase disk dan menginstal Ubuntu (jika tidak ada OS di atasnya)

 

- Pilih opsi ini HANYA jika Anda memiliki OS lain dan Anda ingin menginstal Ubuntu 13,04 pada drive segar, menggantikan OS yang ada. Pilihan ini benar-benar akan menghapus disk sasaran.

 

3. Mengenkripsi instalasi Ubuntu baru untuk keamanan (opsional)

 

- Pilih opsi ini untuk sepenuhnya mengenkripsi instalasi Ubuntu seluruh Anda dengan passphrase bahwa Anda harus masukan pada langkah berikutnya instalasi.

 

- Jika Anda memilih opsi ini, kami juga merekomendasikan memilih “Timpa ruang disk kosong” pilihan pada langkah kedua, untuk keamanan yang lebih kuat.

 

4. Sesuatu yang lain (lanjutan)

 

- Pilihan ini direkomendasikan HANYA untuk pengguna tingkat lanjut, untuk membuat partisi khusus atau memformat hard drive dengan filesystem lain dari yang default. Tetapi juga dapat digunakan untuk menciptakan partisi / home, yang sangat berguna jika Anda menginstal ulang seluruh sistem.

 

Berikut adalah cara Anda melakukan partisi secara manual dengan / home:

 

- Pilih “Tentukan partisi secara manual (lanjutan) dan klik” “tombol Teruskan;

 

- Pastikan bahwa hard drive yang dipilih adalah yang benar. / Dev / sda adalah physical hard drive pertama. / Dev / sdb adalah hard drive kedua pada mesin Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda tahu mana yang ingin Anda format! Jika tidak, Anda akan kehilangan SEMUA DATA ANDA pada hard drive;

 

- Mari kita katakan bahwa drive yang dipilih kosong (tidak ada sistem operasi lain atau data penting di dalamnya), tetapi memiliki beberapa partisi di dalamnya. Pilih masing-masing partisi-partisi tersebut dan klik tombol “Delete”. Setelah beberapa detik, ia akan berkata “free space.” Lakukan ini dengan partisi lain dari hard drive yang dipilih, sampai mereka semua dihapus dan Anda memiliki satu “ruang kosong” entri;

 

- Dengan “free space” entri yang dipilih, klik pada tombol “+”. Pada jendela baru, ketik 2048 di “ukuran partisi baru dalam megabyte” lapangan dan pilih “swap daerah” pilihan dari “Gunakan sebagai:” daftar drop-down. Klik tombol OK dan, dalam beberapa detik, Anda akan melihat “swap” sesuai dengan ukuran yang ditetapkan;

 

- Dengan “ruang bebas” baris yang dipilih, klik pada tombol “+”. Pada jendela baru, pilih “Primary” pilihan, ketik nilai antara 30.000 dan 50.000 (atau apa pun ruang yang tersisa pada drive) dalam “ukuran partisi baru dalam megabyte” lapangan dan pilih / home sebagai “Mount point. ” Klik tombol OK dan, dalam beberapa detik, Anda akan melihat sebuah “ext4 / home” sesuai dengan ukuran yang ditetapkan;

 

- Dengan “free space” entri yang dipilih, klik pada tombol “+”. Pada jendela baru, pilih “Primary” pilihan, ketik nilai antara 10.000 dan 50.000 dalam “ukuran partisi baru dalam megabyte” lapangan dan pilih / sebagai “Mount point.” Klik tombol OK dan, dalam beberapa detik, Anda akan melihat sebuah “ext4 /” sesuai dengan ukuran yang ditetapkan.

 

Ini adalah bagaimana tabel partisi Anda akan terlihat seperti …

 

Review image

 

PERINGATAN: Sadarilah bahwa semua data pada hard drive atau partisi yang dipilih akan dihapus dan IRRECOVERABLE.

 

EXTREMLY PENTING: Jangan lupa untuk memilih mana GRUB akan diinstal, dari “Device untuk boot loader instalasi” kotak drop-down, sebelum Anda menekan “Install Now” tombol.

 

Klik tombol “Continue” tombol untuk memulai proses instalasi.

 

Catatan Editor: Pada titik ini hard drive akan menghapus dan dipartisi, data DVD / USB akan disalin ke hard drive, dan Anda dapat bersantai dan terus memasukkan informasi yang diperlukan berikut.

 

Dimana kamu?

 

Layar ini akan menampilkan peta bumi. Setelah pemilihan lokasi Anda saat ini, waktu untuk sistem final akan menyesuaikan sesuai. Anda dapat mencoba untuk menebak lokasi Anda dengan mouse pada peta, atau cukup ketik kota di bidang yang ditunjuk. Klik tombol “Continue” tombol setelah Anda memilih lokasi yang Anda inginkan …

 

Review image

 

Layout keyboard

 

Pada layar ini, Anda akan dapat memilih layout keyboard yang diinginkan. Tapi default seleksi otomatis harus bekerja untuk sebagian besar dari Anda. Anda juga dapat mengklik “Gambar Tata Letak Keyboard Out” tombol untuk pengakuan yang lebih baik dari layout keyboard Anda. Klik tombol “Continue” tombol bila Anda telah selesai dengan konfigurasi keyboard …

 

Review image

 

Siapa kau?

 

Pada layar ini, Anda harus melakukan persis apa kata judul. Isi kolom dengan nama asli Anda, nama komputer (secara otomatis, tetapi dapat ditimpa), nama yang ingin Anda gunakan untuk login di Ubuntu OS Anda (juga dikenal sebagai “username”, yang akan diperlukan untuk log in ke sistem), dan password.

 

Juga pada langkah ini, ada sebuah opsi bernama “Login secara otomatis.” Jika Anda memeriksa, Anda akan secara otomatis login ke desktop Ubuntu.

 

Pilihan lain, yang disebut “Encrypt folder rumah saya,” akan mengenkripsi instalasi Ubuntu Anda. Klik tombol “Lanjutkan” tombol untuk melanjutkan …

 

Review image

 

Pada titik ini, 13,04 (penuh kegembiraan Ringtail) sistem operasi Ubuntu akan diinstal …

 

Review image

 

Setelah kira-kira 10 sampai 15 menit (tergantung spesifikasi komputer Anda), sebuah jendela pop-up akan muncul, yang memberitahukan bahwa instalasi selesai, dan Anda harus me-restart komputer untuk menggunakan yang baru diinstal sistem operasi Ubuntu. Klik tombol “Restart Now” tombol …

 

Review image

 

DVD akan dikeluarkan, atau hanya menghapus kunci USB dan tekan tombol “Enter” untuk reboot. Komputer akan restart dan, dalam beberapa detik, Anda akan melihat boot splash Ubuntu …

 

Review image

 

Pada layar login, hanya input password dan tekan Enter untuk log in ..

 

Review image

 

Ubuntu pun siap untuk dioperasikan.
Itu saja! Bersenang-senang menggunakan Ubuntu 13.04.

 

Review image

 

Semoga bermanfaat,,,!

 

 

 

 

About these ads
Aside | This entry was posted in Tutorial and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to    Cara menginstal Linux Ubuntu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s